Assalamualaikum, Rules of survival merupakan salah satu game bergenre battle royale di platform mobile.Battle Royale mungkin genre game yang terdengar baru bagi sebagian dari kalian.Kepopuleran game PUBG atau Player Unknown Battle Ground di steam menyebabkan banyak developer game yang bersaing untuk mengembangkan genre game ini di mobile device / smartphone.Salah satu game battle royale di smartphone yakni Rules Of Survival atau biasa dikenal dengan RoS.

Ya, Rules of Survival menduduki top 5 chart game paling populer di playstore maupun applestore di platform iOS.PUBG versi android ini mengalami peningkatan unduhan setelah mendapat bantuan top chart di beberapa store.Sebab itu mungkin tak jarang kita mendapati teman kita memainkan game ini.

Spesifikasi Minimum Untuk Bermain Rules Of Survival
Untuk masalah grafik sendiri, hmm mungkin kalian tidak akan sulit beradaptasi jika kalian sebelumnya sudah pernah memainkan PUBG sendiri di PC.Terdapat beberapa settingan grafis di dalam game Rules Of Survival ini, di antara lain :

  • Ultra
  • High
  • Medium, dan
  • Low
Spesifikasi Minimum Untuk Bermain Rules Of Survival
Untuk mendapat pengalaman bermain paling bagus sudah jelas kalian butuh set ultra pada game tersebut.Untuk itu dibutuhkan setidaknya processor se-minimal mungkin Snapdragon 650 dengan GPUnya yakni Adreno 510.

Bagi kalian yang memiliki spesifikasi smartphone yang terbilang rendah, tidak usah risau karena game rules of survival sendiri memiliki settingan grafis Low.

Game Rules Of Survival ini termasuk game yang cukup berat lohh sobat sakubolong.Mau tau lebih jelas kira-kira spek seperti apa agar dapat bermain game ini? Versi Sakubolong?


1. Processor

Untuk processor, seminimal mungkin processor kalian harus berchipset Mediatek 6753 atau  Snapdragon 425.Mengapa saya menjadikan kedua processor itu menjadi patokan?, karena berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, supaya kalian dapat bermain secara smooth tanpa stuttering pada settingan Low, setidaknya smartphone kalian memiliki salah satu dari kedua processor tersebut.

Bagaimana kalau processor kalian lebih rendah dari kedua prosesor yang saya sebutkan di atas?.Tidak apa-apa, karena bagi saya pribadi saja.Dan mungkin saja akan merasa sering lag / stuttering.


2. RAM

Spesifikasi Minimum Untuk Bermain Rules Of Survival

Berdasarkan pengamatan saya, game Rules Of Survival cukup memakan banyak resources RAM.Setidaknya, smartphone kalian memiliki 2GB RAM.

Bukan tanpa pengamatan, saya berani menyimpulkan seperti itu karena game RoS ini memakan sekitar 700Mb Space pada RAM kita.

Jadi, jika smartphone kalian hanya memiliki 1GB RAM bakal banyak bug yang terjadi pada game ini.Seperti missing texture dan yang pasti Lag dan Stutter.


3. Sistem Operasi

Spesifikasi Minimum Untuk Bermain Rules Of Survival

Dapat dilihat pada gambar di atas, untuk kalian yang menggunakan iPhone setidaknya versi OS kalian sudah iOS 7.0.Dibawah versi tersebut, game RoS ini mungkin saja tidak akan berjalan.

Dan bagi kalian para Android User, setidaknya Android kalian sudah JellyBean lebih baik lagi jika versi android kalian sudah KitKat.


Smartphone Minimum Untuk Memainkan Game Rules Of Survival

Nah, kali ini kita masuk ke bagian Smartphone Minimum Untuk Memainkan Game Rules Of Survival versi sakubolong.

Tidak perlu merogoh kocek sampai 2 juta lebih untuk sekedar bermain lancar di game ini, cukup merogoh kocek sekitar 1 juta lebih sedikit.

Redmi 5a


Spesifikasi Minimum Untuk Bermain Rules Of Survival

Ukuran Layar : 5 inci, 1.280 x 1.080 piksel, IPS LCD
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 425, quad-core Cortex-A53 1,4 GHz, GPU Adreno 308
RAM : 2 GB
Media Internal : 16 GB


Jadi bagaimana?, apakah smartphone kalian sudah memenuhi seluruh syarat di atas?.Dengan memenuhi seluruh spek minimum versi sakubolong, saya yakin kalian akan bermain game ini tanpa keluhan ataupun kendala yang sangat serius.

Mungkin itu dulu yang dapat sakubolong infokan ya sobat, semoga bermanfaat.

Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum