Halo baru-baru ini mungkin ada beberapa teman-teman pengguna Whatsapp dan telegram yang merasa resah karena privasi mereka mulai tidak aman lagi. Mereka mengkhawatirkan pesan-pesan,foto-foto,dokumen dan file pribadi yang mereka miliki dan pernah dikirimkan kepada seseorang melalui WhatsApp ataupun telegram dapat disadap.

Memang hal ini bukanlah suatu kejadian yang wajah, pasalnya mungkin saja foto-foto atau bahkan dokumen tersebut merupakan dokumen pribadi milik perusahaan, misalnya saja seperti foto nomor rekening yang pernah dikirimkan dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, atau bisa saja dokumen pribadi mengenai identitas yang dimiliki seseorang.

Bukan main, hal ini memang sangat merugikan bagi beberapa orang atau sebagian dari pengguna kedua aplikasi tersebut.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi ?

1. Fitur simpan file ke penyimpanan internal dan eksternal pada aplikasi

Saat kalian mengunduh file atau gambar bahkan video melalui aplikasi WhatsApp atau Telegram, maka sel tersebut akan disimpan ke dalam kartu memori kalian atau penyimpanan handphone kalian.

2. Handphone kalian terinfeksi virus File Jacking atau tertanam aplikasi virus remote device

Belum tau apa itu virus file Jacking? Jadi begini,virus itu adalah program yang dapat membaca isi dari Smartphone kita kemudian virus itu akan men-scan dokumen yang kita miliki lalu mengirimkannya kepada si peretas atau penyadap.
Lalu taukah kalian ciri-ciri smartphone kalian terpasang sebuah aplikasi virus remote device?
Singkatnya,aplikasi tersebut akan meminta izin yang begitu banyak kepada pengguna smartphone yang ingin meng-instalnya. Namun, sebenarnya fungsi dari aplikasi tersebut tidak membutuhkan izin yang terlalu banyak seperti pada saat meng-instalnya, jadi bisa dipastikan aplikasi itu adalah aplikasi untuk meremote atau mengkontrol smartphone milik kita. Cukup berbahaya bukan? hehehe

Setelah aplikasi tertanam di Smartphone kita si penyadap atau peretas mampu mengakses Smartphone kita secara penuh dan menyeluruh,dia juga dapat melihat data-data udah Smartphone kita seperti nomor kontak,foto,aplikasi terinstall,dan bahkan cache yang terimpter di penyimpanan kita.