Ada banyak sekali panduan yang diberikan oleh para pengguna termux di luar sana yang mungkin dapat kalian ikuti dan terapkan,namun hal itu tidak selalu dapat kalian andalkan dalam menyelesaikan masalah.

Contohnya saja pada kasus kali ini,di sini saya akan memberikan panduan yang tentunya dapat dipercaya dan telah diuji dalam mengatasi masalah saat meng-install metasploit di termux.

Sebenarnya kalian dapat membaca panduan resmi nya di situs resmi pembuat aplikasi ini,namun apabila kalian mengalami masalah saat menerjemahkannya,itu tidak mengapa karena memang keterbatasan kemampuan seseorang. Maka dari itu di sini saya akan memberikan panduan meng-install metasploit di termux dengan benar dan mudah.


Persiapannya sebagai berikut :

1. Siapkan penyimpanan kosong pada smartphone

Saya sangat menyarankan anda untuk mempersiapkan kapasitas penyimpanan kosong setidaknya 400mb,walau sebenarnya ukuran framework metasploit hanya berkisar 300mb saja. Lebih banyak ruang yang tersedia akan lebih baik,karena kapasitas penyimpanan yang sudah mulai krisis atau hampir penuh akan menyebabkan ponsel mengalami lag saat sedang digunakan.

2. Siapkan internet

Kamu dapat menggunakan layanan wifi.id yang tersedia di sekitar rumahmu atau mengunjungi tempat penyedia wifi baik secara gratis ataupun berbayar. Namun tidak mengapa jika kamu memilih menggunakan kuota internet prabayar yang sudah tersedia di simcard kamu dan siap untuk digunakan,tapi ingat bahwa ukuran file repositori hang akan kamu download ini tidaklah kecil seperti yang sudah saya sebutkan pada tulisan di atas.

3. Siapkan sumber daya smartphone

Usahakan baterai anda sudah terisi sekitar 80% sebelum memulai proses penginstallan ini karena memang membutuhkan waktu yang lama,kamu juga dapat menggunakan charger jika berada di rumah ataupun menggunakan powerbank jika sedang berada di luar rumah. PERLU DIINGAT !! Walaupun kecepatan internet yang kamu gunakan sudah terbilang cepat,tapi hal itu sama sekali tidak mengubah fakta bahwa proses pemasangan repositori ini sehingga siap digunakan memang memerlukan waktu yang lama tergantung dari spesifikasi / kemampuan smartphone mu,terlebih lagi jika menggunakan ponsel yang terbilang cukup lama.

4. Atur waktu

Walaupun ketiga hal di atas sudah kamu persiapkan,namun kamu tidak mengatur waktu kapan kamu akan memulainya,maka hal itu akan mengganggumu. Bayangkan saja,di saat kamu sedang mengerjakan tugas sekolah ataupun bekerja kamu malah meng-install metasploit,sudah tentu kamu akan merasa terganggu dengan hasil yang akan kamu dapatkan setelah mengikuti intruksi dari saya tetapi mengabaikan manajemen waktu.


Setelah mempersiapkan 4 hal di atas,maka kamu dapat memulainya.

Langkah-langkah :

- Mula-mula,upgrade dan update package dan application kalian dengan mengetikkan perintah apt upgrade update && pkg upgrade update -y

- Lalu install -unstable- repositori yang digunakan sebagai landasan/jalur penginstallan metasploit,dengan mengetikkan perintah pkg install unstable-repo -y

- Setelah selesai,kalian dapat langsung meng-install metasploit dengan mengetikkan perintah pkg install metasploit
Catatan :
1. Perlu diingat bahwa proses ini melalui 2 tahap,yaitu men-download dan memasang. Saat proses men-download berjalan dengan lancar (didukung oleh kecepatan internet yang baik) maka itu dapat menghemat waktu yang kamu perlukan,lalu proses pemasangan metasploit inilah yang begitu memakan waktu.

2. Setelah proses instalisasi selesai,kamu tidak akan menemukan folder/berkas yang bernama "metasploit-framework" saat memeriksa daftar file menggunakan perintah ls. Karena framework itu akan disimpan di folder $HOME dan dibaca sebagai program bloatware (bawaan) dari termux itu sendiri,kalian dapat memeriksa nya dengan cara menekan tombol ESC berkali-kali hingga muncul notifikasi dan menekan huruf y berkali-kali sambil mencari kata "msf" dsri hasil output tersebut,atau langsung mencoba memasukan kata perintah metasploit (msfconsole, msfvenom, atau yang lainnya)



Sudah,hanya itu saja.
Mungkin kalian akan bertanya-tanya mengapa hanya sesingkat itu bukan ?
Jawabannya mudah,karena memang seperti itu panduan yang diberikan oleh situs resmi pengembang aplikasi ini.

Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membagikan postingan ini agar pengetahuan ini dapat tersalurkan.
Mohon maaf atas kesalahan penulisan atau penjelasan yang kurang jelas,apabila memiliki keluhan silakan berkomentar di bawah apabila berkenan.
Saya akhiri,wassalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.